Tuesday, June 9, 2015

Man Imamuka ???


Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda :

"Ana Madinatul 'Ilmi wa 'Aliyyun Babuha"
Aku adalah Kota segala Ilmu Pengetahuan dan Ali adalah Pintunya.

"Faman Arodhal Madina, Fal Ya Tiha Min Babiha"
Siapa yang ingin masuk ke Kota Ilmu (Nabi saw), maka hendaklah melalui Pintunya (Imam Ali).

{ HR. Ath-Thabrani & Al Hakim }


Dari Hayyan Al Asadi ; Aku mendengar Ali bin Abi Thalib berkata ; Rasulullah saw bersabda kepadaku : "Sesungguhnya umat akan meninggalkanmu setelahku, sedang engkau hidup di atas ajaranku. Engkau akan terbunuh karena membela Sunnahku. Siapapun yang mencintaimu, maka ia telah mencintaiku. Dan siapapun yang memusuhimu, maka ia telah memusuhiku. Dan ini akan terwarnai hingga ini (Nabi saw menunjuk Kepala dan Janggut Imam Ali yang akan diwarnai darah kelak)."

Sumber :
Al Hakim An Naisaburi dalam kitabnya Mustadrak As-Shahihain Jil:3 Hal:142. Hadis serupa dengan redaksi yang sedikit berbeda juga dapat ditemukan dalam kitab : Tarikh Al Baghdadi Jil:13 Hal:32, Usud Al Ghabah Jil:4 Hal:383, Majma’ Az Zawa’id Jil:9 Hal:131, Ar Riyadh An Nadhrah Jil:2 Hal:213.

Dari Al Hasan, dari Anas bin Malik, ia berkata ; Nabi saw bersabda kepada Ali bin Abi Thalib : "Engkau (Ali) adalah penjelas atas segala permasalahan yang menjadi perselisihan di antara umatku setelahku."

Sumber :
Al Hakim An Naisaburi dalam kitabnya Mustadrak As-Shahihain Jil:3 Hal:122. Hadis serupa juga dapat ditemukan dalam kitab : Hilliyat Al Auliya’ karya Abu Na’im Jil:1 Hal:63.

Dari Zaid bin Arqam, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang ingin hidup seperti kehidupanku dan ingin mati seperti kematianku dan ingin menempati Sorga Abadi yang telah dijanjikan Tuhanku kepadaku, maka hendaknya ia menjadikan Ali sebagai Walinya (Pemimpinnya). Karena Ali tidak akan pernah mengeluarkan kalian dari petunjuk dan tidak akan menjerumuskan kalian kepada kesesatan."

Sumber :
Al Hakim An Naisaburi dalam kitabnya Mustadrak As-Shahihain Jil:3 Hal:128. Hadis serupa dengan redaksi yang sedikit berbeda juga dapat ditemukan dalam kitab : Usud Al Ghabah Jil:4 Hal:23 dan Jil:6 Hal:101, Al Ishabah karya Ibnu Hajar Jil:3 Bagian ke-1 Hal:20, Ar Riyadh An Nadhrah Jil:2 Hal:215, Tarikh Al Baghdadi Jil:4 Hal:102,

Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata ; Rasulullah saw bersabda : Di malam sewaktu aku Mi’raj ke langit, aku melihat di Pintu Sorga tertulis :

Tiada Tuhan Selain Allah
Muhammad Rasul Allah
Ali Kecintaan Allah
Al Hasan Dan Al Husein Pilihan Allah
Fathimah Pujian Allah
Bagi Pembenci Mereka La'nat Allah

Sumber :
Tarikh Al Baghdadi Jil:1 Hal:259.





Ibnu Abbas menuturkan : Rasulullah saw memandang kepada Ali seraya bersabda ; "Tidak mencintaimu melainkan orang Mu'min dan tidak membencimu kecuali orang Munafik. Siapapun yang mencintaimu, berarti ia mencintaiku. Siapapun yang membencimu, berarti ia membenciku. Kekasihku adalah kekasih Allah dan pendengkiku adalah pendengki Allah. Sungguh celaka orang yang mendengkimu setelahku nanti."

{Majma' Az Zawa'id jil 9/133}

Abu Sa'id Al Khudri menuturkan : Rasulullah saw pernah bersabda kepada Ali ; "Mencintaimu adalah Keimanan dan Membencimu adalah Kemunafikan. Orang yang pertama masuk Surga adalah pencintamu dan orang pertama yang masuk Neraka adalah pendengkimu."

{Nurul Abshor hal 72}

Al Musawir Al Humairi meriwayatkan dari ibunya yang berkata : Ummu Salamah datang menjumpaiku, dan aku mendengar ia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda ; "Orang Munafik tidak akan mencintai Ali dan orang Mu'min tidak akan membencinya."

{Shahih At Turmudzi jil 1/299}

Imam Ali as berkata : "Demi Dzat yang membelah biji-bijian dan menciptakan manusia. Sesungguhnya janji Nabi yang Ummi kepadaku adalah tidak akan mencintaiku kecuali orang Mu'min dan tidak akan membenciku melainkan orang Munafik."

{Shahih At Turmudzi jil 1/301, Shahih Ibnu Majah jil 12, Tarikh Al Baghdad jil 1/255, Hilyatul Awliya jil 4/185}


Man Imamuka (Siapa Imammu) ? Itu salah satu pertanyaan Malaikat dari sederet pertanyaan yang akan bergema dalam kubur kita. Maka jawablah dengan mantap 'Aliyyun Imami (Ali Imamku).



No comments:

Post a Comment